Consultant for Your Business
Login form
Calendar
«  August 2011  »
SuMoTuWeThFrSa
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031
Our poll
Rate my site
Total of answers: 31
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Friday, 26.Apr.2024, 1:42 AM
Main » 2011 » August » 18 » Malcolm Baldrige
8:49 AM
Malcolm Baldrige

Consultant - Training - Workshop Malcolm Baldrige



Sejarah Malcolm Baldrige

Malcolm Baldrige adalah seorang Menteri Perdagangan Amerika Serikat (AS) dari tahun 1981  sampai tahun 1987. Ia adalah pelopor manajemen mutu yang merupakan kunci kemakmuran dan kekuatan negara paman Sam tersebut. Dilatarbelakangi oleh kondisi Perang Dingin setelah Perang Dunia II berakhir, usaha Departemen Perdagangan Amerika Serikat untuk memajukan pengembangan bisnis dan pertumbuhan ekspor, tidak menarik perhatian Presiden maupun publik jika dibandingkan dengan perhatian mereka terhadap masalah diplomasi dan pertahanan negara. Pada saat itu Malcolm Baldrige adalah Menteri Perdagangan yang dianggap paling terkenal, Malcolm Baldrige menjalankan kepemimpinan yang agresif melalui perdagangan bebas internasional.

Didorong oleh persaingan yang sangat ketat terhadap produk-produk dan bisnis Amerika Serikat, khususnya dari negara sakura, Jepang. Amerika Serikat menyadari bahwa produk-produk dan bisnis negaranya mulai "terancam” oleh produk dan bisnis Jepang. Ironisnya lagi adalah bahwa yang "membantu” perusahaan-perusahaan Jepang untuk pulih justru adalah para ahli Amerika Serikat sendiri.

Hal ini menjadi proses pembelajaran bagi pemerintahan Amerika agar berupaya menciptakan kriteria yaitu keunggulan yang meliputi keseluruhan aspek secara holistik.

Implementasinya kemudian ditandai dengan diadakannya lomba keunggulan perusahaan bisnis baik sektor manufaktur maupun sektor jasa, untuk bisnis skala kecil, dan kemudian dikembangkan dan lebih dikenal dengan "Malcolm Baldrige National Quality Award” (MBNQA). Puluhan perusahaan/organisasi turut serta dalam MBNQA tersebut, namun lebih banyak jumlah perusahaan/organisasi yang hanya menerapkan kriteria tetapi tidak ikut serta dalam MBNQA, hal ini dilakukan lebih bertujuan untuk Self-Assessment yang digunakan sebagai alat untuk membenahi Sistem Manajemen Kinerja sehingga dapat survive, bersaing, unggul serta berkelanjutan.


Kriteria Malcolm Baldrige

Puluhan ribu perusahaan/organisasi telah sukses menggunakan "Criteria for Performance Excellence” (Kriteria Baldrige) sebagai Kerangka Kerja Manajemen Kinerja. Kriteria ini ditujukan bagi perusahaan/organisasi yang berkeinginan untuk meningkatkan kinerja organisasinya, perusahaan/orgnisasi yang ingin tetap bertahan dan selangkah lebih maju dalam kompetisi, dan perusahaan/organisasi yang ingin meningkatkan efektivitas. Ada lima alasan mengapa pendekatan dengan Kriteria Baldrige lebih baik dibandingkan dengan yang lain :

1. Kriteria Baldrige menyediakan suatu kerangka untuk upaya peningkatan kinerja tanpa bersifat "mendikte.” 

Suatu perusahaan/organisasi didorong untuk mengembangkan pendekatan yang kreatif dan fleksibel selaras dengan kebutuhan organisasionalnya serta untuk menunjukkan hubungan sebab-akibat antara pendekatan ini dengan hasil-hasilnya.

2.  Kriteria Baldrige bersifat inklusif. 

Kriteria Baldrige menjabarkan suatu kerangka pengelolaan yang terintegrasi yang        melingkupi seluruh aspek organisasi, operasi, dan hasilnya; tidak seperti pendekatan lain yang tertuju hanya pada satu aspek, misalnya kepemimpinan saja, perencanaan strategis saja, atau manajemen proses saja.

3.  Kriteria Baldrige fokus pada persyaratan yang bersifat umum, bukan sekedar pada prosedur, "tools”, atau teknik. 

Upaya peningkatan lainnya seperti penggunaan standar ISO, Six Sigma, atau yang lainnya dapat diintegrasikan ke dalam sistem manajemen kinerja organisasi dan disertakan sebagai bagian dari respons persyaratan Kriteria Baldrige.

4. Kriteria Baldrige "adaptable”. 

Maksudnya Kriteria ini dapat digunakan oleh organisasi bisnis baik besar maupun kecil, pendidikan, layanan kesehatan, organisasi pemerintah, nirlaba, baik perusahaan lokal maupun perusahaan yang sudah tersebar dikota-kota seluruh dunia

5. Kriteria Baldrige unggul dalam praktek manajemen tervalidasi. 

Kriteria Baldrige diperbaiki secara reguler untuk meningkatkan cakupan dari kinerja yang didorong strategi, menanggapi kebutuhan seluruh stakeholder, dan mengakomodasi kebutuhan dan praktek organisasional yang penting.

Organisasi manapun dapat menggunakan Kriteria Baldrige dalam rangka menilai kinerja sekaligus memperbaikinya. Tanpa memandang besar-kecil dan sifat organisasinya, Kriteria Baldrige dapat membantu menyelaraskan sumber daya; meningkatkan komunikasi, produktivitas, dan efektivitas; serta mencapai tujuan strategis.


Kriteria Baldrige dapat digunakan dalam 3 M yaitu :

-Mendidik suatu organisasi  tentang prinsip-prinsip keunggulan kinerja. Dengan menciptakan bahasa yang sama untuk penilaian (assessment) dan peningkatan kinerja maka Kriteria Baldrige telah membantu peningkatan komunikasi  dalam organisasi tersebut.

-Melaksanakan Self-Assessment, yang dapat membantu mengidentifikasikan kekuatan (strength)  dan peluang-peluang untuk maju (opportunities for improvement)  dalam suatu perusahaan/organisasi serta mengembangkan rencana tindakan (action plan) untuk peningkatannya.

-Mengikuti program "Award” baik di tingkat Nasional "Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA)” di Amerika Serikat maupun di tingkat regional. Setiap peserta program semacam ini akan menerima laporan umpan balik (feedback report) berdasarkan assessment yang dilakukan oleh panel para ahli yang terlatih dan diakui.

Silahkan kunjungi blog kami : http://www.sien-consultant.blogspot.com

and this link : http://digg.com/d38MASV



Hubungi kami ISO Consultants, yang menyediakan Konsultasi, Training dan Workshop : ISO 31000, ISO27001, ISO9001, ISO14001, ISO22000, OHSAS18001, ISO17025, HACCP, GMP, Risk Management, dll

Call us : 021-33000177 begin_of_the_skype_highlighting            021-33000177      end_of_the_skype_highlighting / 0818-0632 3270 begin_of_the_skype_highlighting            0818-0632 3270      end_of_the_skype_highlighting or mail to : anti@sienconsultant.com

Views: 14872 | Added by: Anti | Tags: konsultant, workshop, Increase Productivity, malcolm baldrige, Training, Increase Gain Profit, Consultant, sejarah malcolm baldrige | Rating: 0.0/0
Total comments: 1
1 Empimbproot  
0
Hermes usa is a made popular logo in apparels and mind-blowing accessories. Hermes usa handbag has been very exchanged for money finishing touches in the accessory topic from its advent day. However, if you has never achieved an email finder service where you are reasonable for are made the legitimized anyhow or never should also be tied to very superior to on a handbag, how can one be mindful of factitious Hermes usa bags usa.
Replica Hermes purses lighten lady's wardrobes. So where will we also get them? most affected individuals will be in complete agreement belonging to the Internet. available on the web benefit feature us the many adored pieces on clothes, shopping bags and each antique collectible accessories. trendy hermes usa. an empty hermes usa appraisal amongst some bags can be done in a dazzling time. all you want in order to do are checking latest documentations additionally that is paid back in the carrier of style and buying on a steady hermes usa store.
http://hermesusa.webs.com/ hermes online

Name *:
Email *:
Code *:

Copyright www.sienconsultant.com © 2024 |
Checkpagerank.net